Pengaruh Penerapan Case Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi

Dila, Apin (2023) Pengaruh Penerapan Case Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Apin_Dila_18045004_2069_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar geografi. Yang dilaksanakan di SMAN 1 Harau Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan jenis penelitian berupa posttest control only group desain. Sedangkan untuk sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa X IPS 1 yang memiliki 36 siswa sebagai kelas eksprimen, dengan menerapkan model pembelajaran Case Based Learning. Sedangkan X IPS 5 yang memiliki 36 siswa sebagai kelas konvensional, menerapkan model pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, soal pilihan ganda sebanyak 45 soal dan tes dokumentasi. Dari hasil rata-rata nilai postest kelas eksperimen didapatkan perolehan nilai 83,61 dan kelas konvensional 61,69. Analisis data dari dua kelompok sampel menggunakan uji-t dengan sistem SPSS 21 sehingga diperoleh nilai signifikan 0,00 yang berada dibawah α= 0,05 (sig>α). Ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Case Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar Geografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:16
Last Modified: 12 Jun 2023 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44223

Actions (login required)

View Item View Item