Dila, Apin
(2023)
Pengaruh Penerapan Case Based Learning untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case
Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar
geografi. Yang dilaksanakan di SMAN 1 Harau Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan jenis penelitian
berupa posttest control only group desain. Sedangkan untuk sampel penelitian
menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa
X IPS 1 yang memiliki 36 siswa sebagai kelas eksprimen, dengan menerapkan
model pembelajaran Case Based Learning. Sedangkan X IPS 5 yang memiliki 36
siswa sebagai kelas konvensional, menerapkan model pendekatan saintifik.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, soal
pilihan ganda sebanyak 45 soal dan tes dokumentasi. Dari hasil rata-rata nilai
postest kelas eksperimen didapatkan perolehan nilai 83,61 dan kelas konvensional
61,69. Analisis data dari dua kelompok sampel menggunakan uji-t dengan sistem
SPSS 21 sehingga diperoleh nilai signifikan 0,00 yang berada dibawah α= 0,05
(sig>α). Ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Case Based
Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar Geografi.
Actions (login required)
|
View Item |