Pratikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Power Point-iSpring terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Hidrokarbon terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA

Manayu, Ruseli Fitri (2022) Pratikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Power Point-iSpring terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Hidrokarbon terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RUSELI_FITRI_MANAYU_18035037_6664_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang dengan basil belajar siswa rendah yang dapat dilihat dari rata-rata nilai UTS masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah penggunaan media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon praktis digunakan dalam pembelajaran dan apakah penggunaan media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon efektif terhadap meningkatkan basil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Desain ini dilakukan terhadap satu kelompok dan rancangan dilakukan tes dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan disebut pretest dan sctelah diberi perlakuan disebut posttest. Populasi pada sampel ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket pratikalitas dan tes basil belajar siswa dengan soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data pratikalitas diolah dengan menggunakan % pratikalitas dan data efektivitas dianalisis dengan uji N-Gain dan uji Hipotesis. Berdasarkan analisis data dari uji pratikalitas didapatkan rata-rata uji pratikalitas untuk guru dan siswa berturut-turut 97% dan 82% dengan kategori sangat praktis dan data uji efektivitas diperoleh rata-rata nilai N-Gain 0,78 dengan kategori tinggi dimana media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting efektif digunakan dalam meningkatkan basil belajar. Adapun uji hipotesis diperoleh sig(l-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat perbedaan rata-rata dimana nilai pretest lebih kecil dibandingkan nilai posttest. Analisis data tersebut menyimpulkan bahwa media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon praktis digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif terhadap meningkatkan basil belajar siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:02
Last Modified: 09 Jun 2023 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44193

Actions (login required)

View Item View Item