Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA/MA

Putri, Rahlia Ayu (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RAHLIA_AYU_PUTRI_16035073_5509_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Laboratorium virtual merupakan media yang dapat digunakan untuk memahami pokok bahasan serta mampu memberikan solusi terhadap keterbatasan maupun ketiadaan perangkat laboratorium. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi titrasi asam basa adalah e-modul titrasi asam basa berbasis inkuiri terbimbing yang terintegrasi dengan laboratorium virtual. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan bagaimana kevalidan serta kepraktisan dari produk e-modul yang dihasilkan. Jenis penelitian menggunakan model 4-D dimana terdapat empat tahapan yaitu tahap de.fine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan juga disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian untuk produk ini yaitu lembar validasi dan lembar praktikalitas yang berupa lembaran angket. Uji kevalidan dari produk yang telah dihasilkan dilakukan oleh lima orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen jurusan kimia di FMIP A UNP dan 2 orang guru SMAN 1 Rao Kabupaten Pasaman serta uji kepraktisan dilakukan oleh 2 orang guru kimia beserta 15 orang siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rao Kabupaten Pasaman. Hasil validasi diperoleh nilai Aiken's V sebesar 0,86, kemudian untuk praktikalitas guru dan praktikalitas siswa berturut-turut didapat rata-rata Aiken's V sebesar 0,90 dan 0,86. Nilai yang sudah didapat menandakan bahwa produk e-modul yang dihasilkan berkategori sangat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jun 2023 06:46
Last Modified: 09 Jun 2023 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44188

Actions (login required)

View Item View Item