Putri, Rahlia Ayu
(2022)
Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Laboratorium virtual merupakan media yang dapat digunakan untuk memahami pokok bahasan serta mampu memberikan solusi terhadap keterbatasan maupun ketiadaan perangkat laboratorium. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi titrasi asam basa adalah e-modul titrasi asam basa berbasis inkuiri terbimbing yang terintegrasi dengan laboratorium virtual. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan bagaimana kevalidan serta kepraktisan dari produk e-modul yang dihasilkan. Jenis penelitian menggunakan model 4-D dimana terdapat empat tahapan yaitu tahap de.fine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan juga disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian untuk produk ini yaitu lembar validasi dan lembar praktikalitas yang berupa lembaran angket. Uji kevalidan dari produk yang telah dihasilkan dilakukan oleh lima orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen jurusan kimia di FMIP A UNP dan 2 orang guru SMAN 1 Rao Kabupaten Pasaman serta uji kepraktisan dilakukan oleh 2 orang guru kimia beserta 15 orang siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rao Kabupaten Pasaman. Hasil validasi diperoleh nilai Aiken's V sebesar 0,86, kemudian untuk praktikalitas guru dan praktikalitas siswa berturut-turut didapat rata-rata Aiken's V sebesar 0,90 dan 0,86. Nilai yang sudah didapat menandakan bahwa produk e-modul yang dihasilkan berkategori sangat valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |