Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 3 Bukittinggi

Deswita, Nada (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_NADA_DESWITA_17029067_1933_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang diharapkan mampu dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas IX SMPN 3 Bukittinggi tahun pelajaran 2020/2021 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas IX SMPN 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 3 Bukittinggi tahun pelajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilih kelas IX.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal uraian. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji U. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorTasman, TasmanUNSPECIFIED
CorrectorRifand, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan KomunikasiMatematis, Problem Based Learning, Pembelajaran Langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Jun 2023 06:43
Last Modified: 09 Jun 2023 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44183

Actions (login required)

View Item View Item