Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Palupuh

Sarah, Mutia (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Palupuh. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_MUTIA_SARAH_18029110_2759_2023_(4 Apr).pdf

Download (925kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Palupuh masih rendah. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 Palupuh. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Palupuh. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pretest dan posttest berupa soal uraian untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata diperoleh P-value Karena P-value , maka tolak . Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung. Hal ini berarti, penerapan model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Jun 2023 06:42
Last Modified: 09 Jun 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44180

Actions (login required)

View Item View Item