Pengembangan Komik Sejarah Berwaktu (Komik Sewa) pada Materi Peristiwa Rengasdengklok sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA

Rendi Hm, Alexander (2023) Pengembangan Komik Sejarah Berwaktu (Komik Sewa) pada Materi Peristiwa Rengasdengklok sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_ALEXANDER_RENDI_HM_19046070_2805_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini memfokus kepada beberapa aspek pertama pembelajaran sejarah membutuhkan media untuk memvisualisasikan sebuah peristiwa, kedua kurang bervariasinya media dalam proses pembelajaran sejarah, selain itu juga karena proses pembelajaran sejarah masih berfokus kepada buku sehingga belum mampu untuk membangun unsur berpikir kronologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Sejarah Indonesia pada materi peristiwa Rengasdengklok. Yang disusun berdasarkan ururtan terjadi peristiwa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pada proses penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. Untuk tahap uji validitas media Komik Sewa dilakukan oleh beberapa ahli dibidangnya mulai dari ahli media, sampai ahli materi. Sedangkan untuk tahapan uji praktikalitas dilakukan oleh guru sejarah dan siswa SMAN 1 Padang kelas IX IPS 2 dengan menggunakan angket yang disebarkan langsung ke dalam kelas. Analsis hasil uji validitas ahli materi sejarah indonesia menunjukkan pada kategori sangat valid dengan rata rata 3,72. Hasil uji validitas ahli media Komik Sewa menempatkan pada kategori valid dengan rata rata 3,25. Selanjutnya analisis media Komik Sewa sebagai media pembelajaran dari guru sejarah diperoleh rata rata 3,93 dengan kategori sangat layak. Tahapan berikutnya ialah mempraktikan pemanfaatan media ke dalam kelas IX IPS 2 dengan cara menyebarkan angket. Hasil dari uji praktikalitas media Komik Sewa yang dilakukan oleh siswa memperoleh hasil rata-rata 3,60 yang menampatkan pada kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorAsri, ZulUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:04
Last Modified: 09 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44178

Actions (login required)

View Item View Item