Suryani, Regina
(2022)
Analisis Penggunaan Virtual Class dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas XI SMA di Masa Pandemi Covid-19.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbekangi oleh pembelajaran di masa pandemi covid-19 dimana pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan di sekolah berganti menjadi pembelajaran non tatap muka (virtual class) demi mengatasi penyebaran covid-19. Pembelajaran daring memberi dampak positifbagi pendidik dan peserta didik yaitu pengalaman dalam menggunakan media pembelajaran online. Namun, kurangnya peralatan, personel, sumber daya dan keterbatasan teknologi pendidikan serta keterampilan dan kualitas yang dimiliki pengajar belum mencukupi serta kurangnya guru dalam interaksi menjadi kendala dalam pelaksanaan virtual class. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan virtual class dalam pembelajaran fisika serta aplikasi apa yang digunakan siswa dalam virtual class.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode deskriptid. Penelitian ini memiliki dua komponen analisis yaitu pertanyaan mengenai aplikasi yang digunakan dalam virtual class dan persepsi siswa terhadap penggunaan virtual class dalam pembelajaran fisika. Teknik pengambilan sampel yang dikalukan adalah sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah dua kelas dari 2 kelas dari 3 SMA Negeri di Sungai Penuh dengan total sampel yaitu 202 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan hasil penelitian untuk kedua komponen analisis. Pertama, Aplikasi yang digunakan dalam virtual class didominasi oleh whatsapp. Hal ini terlihat dari 6 pertanyaan mengenai aplikasi yang digunakan dalam virtual class, whatsapp selalu menjadi aplikasi yang dipilih oleh siswa. Kedua, persepsi siswa terhadap penggunaan virtual class dalam pembelajaran fisika memperoleh persentase 68,72%. Berdasarkan persentase tersebut dapat dikemukakan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan virtual class dalam pembelajaran fisika dikategorikan cukup baik dalam interaksi dalm pembelajaran, kemudahana dalam pengguanan, sinkronisasi dan rasa kebersamaan.
Actions (login required)
|
View Item |