Analisis Indikator HOTS dalam Buku Teks Fisika SMA Kelas X Semester I pada SMA N egeri di Kota Padang

Dier, Mutiara (2022) Analisis Indikator HOTS dalam Buku Teks Fisika SMA Kelas X Semester I pada SMA N egeri di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MUTIARA_DIER_18033008_5269_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sistem digital memanfaatkan teknologi untuk terobosan baru yang berdampak positif terhadap pendidikan di Indonesia. Pendidikan berbasis TIK diperlukan dalam menghadapi tantangan era revolusi 4.0. Keterampilan abad 21 adalah literasi data dan literasi teknologi yang diperlukan dalam pembelajaran. Sejalan dengan itu pendidikan STEM dapat meningkatkan keterampilan literasi data dan literasi teknologi. Berdasarkan basil studi pendahuluan menunjukkan rendahnya nilai pengetahuan, literasi data dan literasi teknologi siswa dikarenakan bahan ajar belum berbasis TIK dan terintegrasi STEM, sehingga proses pembelajaran belum berlangsung dengan baik. Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan LKS berbasis TIK terintegrasi STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan LKS U saha dan Energi Berbasis TIK terhadap literasi data dan literasi teknologi siswa SMA. Penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Reaserch) ini menggunakan desain penelitian sederhana (Posttest Only Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 9 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi pengetahuan dan keterampilan siswa. intrumen penilaian berupa tes basil belajar dan instrument penilaian kinerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t, dan Uji Mann Whitneyy-U. Hasil analisis data pada aspek pengetahuan diperoleh rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pada aspek keterampilan literasi data didapatkan rata-rata keterampilan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil analisis pada aspek keterampilan literasi teknologi didapatkan rata- rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji statistik yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, keterampilan data dan keterampilan literasi teknologi siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan LKS Usaha dan Energi Berbasis TIK terintegrasi STEM terhadap pengetahuan, literasi data dan literasi teknologi siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat melihat pengaruh pada materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:55
Last Modified: 08 Jun 2023 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44153

Actions (login required)

View Item View Item