Penerapan Model Think Talk Write Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA Di SMA Negeri 1 Payakumbuh

Ulhaq, Miftaahul Dhiyo (2023) Penerapan Model Think Talk Write Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA Di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_MIFTAAHUL_DHIYO_ULHAQ_18029147_2714_2023_(30 Mar).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran harus dikembangkan pada diri seorang peserta didik, karena tanpa penalaran maka matematika hanya akan menjadi materi yang mengikuti serangkaian prosedur dan meniru contoh-contoh tanpa mengetahui maknanya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Payakumbuh serta mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik dibandingkan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan quasy experiment dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Payakumbuh dengan kelas XII MIPA 5 dan XII MIPA 6 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuis dan tes kemampuan penalaran matematis dalam bentuk essay. Berdasarkan rata-rata nilai kuis, kemampuan penalaran matematis peserta didik mengalami peningkatan. Jadi, dengan diterapkannya model pembelajaran TTW, perkembangan kemampuan penalaran matematis peserta didik mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji Mann Whitney, diperoleh P-value = 0,0139. Karena P-value < 0,05 maka tolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LoggomUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematis, model think talk write, pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:52
Last Modified: 08 Jun 2023 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44145

Actions (login required)

View Item View Item