Pengembangan E-Modul berbasis Project Based Learning (PjBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA

Iklina, Titi (2022) Pengembangan E-Modul berbasis Project Based Learning (PjBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_TITI_IKLINA_18031175_5691_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran interaktif yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran biologi di sekolah dan keterbatasan alokasi waktu belajar seperti saat pandemi Covid-19 membuat pemahaman peserta didik menjadi menurun, khususnya pada materi sistem imun. Hal ini tampak pada hasil observasi sekitar 84% peserta didik masih belum memahami materi sistem imun dan membutuhkan media pembelajaran yang inovatif, menarik dan terbarukan dari media pembelajaran yang sebelumnya. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang berbeda dengan media pembelajaran yang dapat mewakili keberadaan guru, salah satunya adalah modul. Sesuai dengan kemajuan teknologi modul dapat disajikan dalam versi digital atau dikenal dengan E-Modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis Project Based Learning (PjBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development yang mnggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen Biologi FMTPA UNP, dua guru Biologi, dan 30 orang peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri I Payakumbuh. Objek penelitian ini adalah E-Modul berbasis Project Based Learning (PjBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket observasi, angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa E­ Modul yang dikembangkan, ditinjau dari uji validitas memiliki kategori yang sangat valid dengan nilai rata-rata (94,05%) yang dinilai dari aspek kebahasaan, aspek penyajian, aspek kebahasaan, aspek kegrafikaan, dan komponen E-Modul berbasis Project Based Learning (PjBL). Ditinjau dari uji praktikalitas, E-Modul yang dikembangkan memiliki kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata (90,87%) oleh guru dan dari peserta didik diperoleh nilai rata-rata (91,88% ). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan E­ Modul berbasis Project Based Learning (PjBL) tentang Materi Si stem Imun Kelas XI SMA memiliki kelayakan dan mudah untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:00
Last Modified: 08 Jun 2023 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44142

Actions (login required)

View Item View Item