Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 4 Sungai Penuh tentang Materi Mutasi

Larasati, Feby (2022) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 4 Sungai Penuh tentang Materi Mutasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FEBY_LARASATI_18031131_5705_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Instrumen soal yang diberikan kepada peserta didik mengarah pada kemampuan peserta didik untuk bemalar dan berpikir kritis, yang mana merupakan salah satu tuntutan keterampilan pada abad-21. Pembelajaran di SMA N egeri 4 Sungai Penuh sudah berorientasi berpikir kritis, namun masih belum optimal, dan data mengenai tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui instrumen tes yang berfokus pada aspek keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu dianalisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui instrumen tes yang berfokus pada aspek keterampilan berpikir kritis oleh Ennis (2011 ). soal yang berfokus pada indikator keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII di SMA Negeri 4 Sungai Penuh tentang Materiutasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample random sampling. Data yang diperoleh melalui tes yang sudah valid dan reliabel berdasarkan hasil uji coba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes keterampilan berpikir kritis peserta didik tentang meteri mutasi yang mengacu pada aspek berpikir kritis Ennis (2011). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA N egeri 4 Sungai Penuh dianalisis per aspek berpikir kritis diperoleh nilai yaitu: aspek memberikan penjelaskan sederhana (basic clarification) dengan kategori rendah, aspek menentukan dasar dalam pengambilan keputusan (bases for a decision) dengan kategori rendah, aspek membuat kesimpulan (inference) dengan kategori rendah, aspek membuat penjelasan lebih lanjut (advanced clarification) dengan kategori rendah, aspek membuat anggapan dan integrasi (supposition and integration) dengan kategori sangat rendah dan aspek mengatur strategi dan taktik (strategies and tactic) dengan kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA Negeri 4 Sungai Penuh berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorFadhilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:35
Last Modified: 08 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44137

Actions (login required)

View Item View Item