Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Berbasis Geschool Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Padang

Tunsadiah, Latifa (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Berbasis Geschool Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_LATIFA_TUNSADIAH_17029102_1860_2023_(23 Feb).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 20 Padang merupakan salah satu sekolah yang baru dalam memanfaatkan media pembelajaran dari ngdi sekolah pada masa pandemi Covid-19. Sehingga, penggunaan teknologi media yang dapat membantu proses pembelajaran masih belum maksimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik khususnya mata pelajaran matematika adalah dengan menerapkan pembelajaran matematika menggunakan media Geschool.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh media pembelajaran Geschool pada pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan rancangan penelitian One Shot Case Study Design. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VII.8 SMP Negeri 20 Padang.Data motivasi belajar diperoleh dari penyebaran angket kepada peserta didik. Data hasil belajar matematika diperoleh dari nilai Penilaian Harian peserta Didik pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV).Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Sumbangan variabel X terhadap variabel Y dapat ditentukan dengan rumus koefisien determinasi (KP). Hasil analisis menunjukkan bahwa analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi (0,362 > 0,2335) pada taraf signifikan 5% dan memiliki pengaruh sebesar 13%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran Online berbasis Geschool terhadap motivasi belajar matematika peserta didi kkelas VII SMP Negeri 20 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Jelita ZushiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:02
Last Modified: 08 Jun 2023 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44131

Actions (login required)

View Item View Item