Tindak Tutur Ekspresif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 6 Padang

Hardiman, Usha Putri (2023) Tindak Tutur Ekspresif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Usha_Putri_Hardiman_18016130_1153_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada dua. Pertama. Mendeskripsiskan bemtuk tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas X SMK Negeri 6 Padang. Kedua, mendeskripsikan apa saja strategi bertutur guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas X SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat berupa bentuk dan strategi tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 6 Padang dalam proses belajar mengajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh tuturan salah seorang guru bahasa Indonesia saat proses belajar mengajar dari awal sampai akhir pembelajaran. Data tersebut berupa rekaman yang akan ditranskipkan ke dalam bentuk tulisan. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa yang mengajar di kelas X SMK Negeri 6 Padang. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri. Penelitian ini menggunakan alat bantu dalam pelaksanaannya berupa alat perekam (handphone) dan alat tulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi pastisipasi pasif. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik traingulasi. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 6 Padang ada empat, (1) tindak tutur ekspresif mengkritik, (2) tindak tutur ekspresif memuji, (3) tindak tutur ekspresif menyalahkan, dan (4) tindak tutur ekspresif meminta maaf. Kedua, strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 6 Padang ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur samr-samar. Berdasarkan hasill penelitian, disimpulkan bahwa terdapat empat bentuk tindak tutur eskpresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 6 Padang dan juga terdapat empat strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 6 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:57
Last Modified: 08 Jun 2023 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44130

Actions (login required)

View Item View Item