Yolla, Vira Betri
(2023)
Perbandingan Hasil Belajar Penggunaan
Model Problem Based Learning (Pbl) dengan
Model Konvensional di UPT SMPN 1 Batang
Kapas.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar penggunaan model problem based learning (pbl) dengan model konvensional di
UPT SMPN 1 Batang kapas.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode
eksperimen.Data yang diperoleh dan diolah dengan rumus korelasi.Dalam
penelitian ini yang dijadikan populasi adalah siswa kelas VIII di UPT SMPN 1
Batang Kapas yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah
168 orang.Sample dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen
28 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes
(soal objektif) hasil belajar seni tari.Sebelum data di analisis terlebih dahulu
dilakukan uji persyaratan analisis data berupa uji normalitas dan uji
homogenitas.Selanjutnya, dilakukan pengujian koofesien determinan untuk
mengetahui perbandingan hasil belajar penggunaan model problem based
learning (pbl) dengan model konvensionaldi UPT SMPN 1 Batang kapas.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan penggunaan model problem based learning (pbl) terhadap hasil
belajar seni tari
di UPT SMPN 1 Batang kapas dengan nilai t
hitung
> t
tabel
(3,25>1,67). Artinya
penggunaan model problem based learning (pbl) dapat
meningkatkan hasil belajar seni tari di UPT SMPN 1 Batang Kapas. Demikian
juga hal ini dapat dibuktikan dengan perbandingan hasil nilai rata-rata
menggunakan model problem based learning (pbl) dengan model konvensional
pada kelas eksperimen 82.22 dan kelas kontrol 73.75.untuk itu agar hasil belajar
seni tari pada pembelajaran tatap muka lebih baik,maka penggunaan model
problem based learning harus ditingkatkan.
Actions (login required)
|
View Item |