Perbandingan Hasil Belajar Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) dengan Model Konvensional di UPT SMPN 1 Batang Kapas

Yolla, Vira Betri (2023) Perbandingan Hasil Belajar Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) dengan Model Konvensional di UPT SMPN 1 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_VIRA_BETRI_YOLLA_17023203_2490_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar penggunaan model problem based learning (pbl) dengan model konvensional di UPT SMPN 1 Batang kapas. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen.Data yang diperoleh dan diolah dengan rumus korelasi.Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah siswa kelas VIII di UPT SMPN 1 Batang Kapas yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 168 orang.Sample dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen 28 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes (soal objektif) hasil belajar seni tari.Sebelum data di analisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Selanjutnya, dilakukan pengujian koofesien determinan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar penggunaan model problem based learning (pbl) dengan model konvensionaldi UPT SMPN 1 Batang kapas. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar seni tari di UPT SMPN 1 Batang kapas dengan nilai t hitung > t tabel (3,25>1,67). Artinya penggunaan model problem based learning (pbl) dapat meningkatkan hasil belajar seni tari di UPT SMPN 1 Batang Kapas. Demikian juga hal ini dapat dibuktikan dengan perbandingan hasil nilai rata-rata menggunakan model problem based learning (pbl) dengan model konvensional pada kelas eksperimen 82.22 dan kelas kontrol 73.75.untuk itu agar hasil belajar seni tari pada pembelajaran tatap muka lebih baik,maka penggunaan model problem based learning harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:30
Last Modified: 08 Jun 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44127

Actions (login required)

View Item View Item