Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Menggunakan Live Worksheets Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Segiempat Segitiga Kelas VII SMP Negeri 11 Padang

Putri, Intan Pratama (2023) Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Menggunakan Live Worksheets Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Segiempat Segitiga Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_INTAN_PRATAMA_PUTRI_15029009_464_2023_(24 Jan).pdf

Download (803kB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi saat ini, teknologi memliki peran penting dalam kehidupan sehari- hari baik dalam aspek sosial, ekonomi, dan pendidikan. Di dunia pendidikan saat ini, guru di tuntut harus bisa memanfaatkan teknologi untuk mampu menghadirkan proses pembelajaran yang memberikan ruang gerak bagi peserta didik untuk mampu bereksplorasi, dan memudahkan interaksi antara pendidik maupun peserta didik dengan guru. Sehingga dapat membantu meningkatkan tingkat intelektual peserta didik. Meskipun demikian, berdasarkan hasil observasi yang di lakukan di SMP Negeri 11 Padang ditemukan bahwa guru kurang dapat memberdayakan teknologi. Hal ini dapat terlihat dari guru yang masih menggunakan E-LKPD yang diberikan sekolah sehingga peserta didik kurang tertarik dalam melaksanakan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD Menggunakan Live Worksheets Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Segiempat Segitiga Kelas VII SMP Negeri 11 Padang guna mendukung proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini menggunakan model penelitian Plomp yang terdiri dari bebrapa tahap yaitu; (1) fase investigasi awal (Preliminary phase) yang terdiri dari analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep, (2) fase pengembangan (prototyping phase) yang terdiri dari perancangan, evaluasi sendiri (self evaluation), validasi yang dilakukan oleh pakar, evaluasi perorangan (one to one evaluation), dan evaluasi pada kelompok kecil (small group evaluation), (3) fase penilaian (assesment phase) yang dilaksanakan pada kelompok besar (field teset), namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap evaluasi kecil. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, dan hasil angket. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan validitas yang diperoleh dari hasil pengembangan E-LKPD ini diperoleh dengan rata – rata 79,17% yang dikategorikan valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD tersebut sudah memenuhi kriteria valid dari segi isi, dan kontstruk. Sedangkan untuk praktikalitas E-LKPD yang telah dikembangkan memperoleh presentase 92.09% dengan kategori sangat praktis berdasarkan respon peserta didik yang mengikuti evaluasi small group. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh bahwa E-LKPD yang dikembangkan menggunakan Live Wokrsheets dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual pada materi segiempat segitiga telah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan, dan waktu yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:30
Last Modified: 08 Jun 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44126

Actions (login required)

View Item View Item