Nugrah, Indah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 01 Koto Salak Dharmasraya. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Text
B.1_01_INDAH_NUGRAH_18029049_2250_2023_(8 Mar).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis peserta didik merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun, kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 01 Koto Salak Dharmasraya masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran berpusat kepada pendidik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajran koopertaif tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CORE lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan The-equivalent post-test only control group design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 01 Koto Salak Dharmasraya tahun pelajaran 2022/2023 dengan kelas VIII B dan VIII C sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes akhir kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil analisis data dengan meggunakan uji-t, diperoleh Karena maka tolak dan terima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending lebih baik daripada kemampuan komunikasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 01 Koto Salak Dharmasraya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajarn kooperatif tipe connecting, organizing, reflecting, extending, kemampuan komunikasi matematis | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs Risna Juita | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44121 |
Actions (login required)
View Item |