Analisis Faktor Pada Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Guru SD Selama Sistem Pembelajaran Daring Era Covid-19 (Studi Kasus di SD Kecamatan Padang Timur)

Fadilah, Dinda (2022) Analisis Faktor Pada Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Guru SD Selama Sistem Pembelajaran Daring Era Covid-19 (Studi Kasus di SD Kecamatan Padang Timur). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DINDA_FADILAH_18030056_7371_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Stres menjadi salah satu dampak yang muncul akibat adanya pandemi covid-19, salah satunya dialami oleh guru pada jenjang sekolah dasar. Hal ini terjadi karena jika dilihat dari segi murid yang diajarkan barn berusia 7-12 tahun yang mana masih awam dalam hal penggunaan teknologi, maka guru sekolah dasar lebih merasakan kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran daring ini. Banyak faktor yang diduga mempengaruhi stres guru SD selama sistem pembelajaran daring di era covid-19 yaitu paket data internet, menambah durasi kerja guru, kesulitan dalam penjelasan materi, kondisi rumah yang kurang kondusif, koneksi internet dan faktor lainnya. Oleh karena itu, dilakukan analisis faktor untuk dapat menerangkan hubungan antara sejumlah faktor yang saling ketergantungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan model faktor yang mampu menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi stres guru SD di Kecamatan Padang Timur selama sistem pembelajaran daring era covid-19 dan mengetahui faktor apa saja yang signifikan mempengaruhi stres guru SD di Kecamatan Padang Timur selama sistem pembelajaran daring era covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Sampel penelitian berjumlah 88 responden yang dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari 15 pernyataan dengan skala likert. Penelitian ini dimulai dengan mentransformasikan data kemudian dianalisis dengan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi stres guru SD di Kecamatan Padang Timur selama sistem pembelajaran daring era covid-19. Faktor pertama terdiri dari paket data internet, menambah durasi kerja guru, dan menambah pekerjaan guru. Untuk faktor kedua terdiri dari kesulitan dalam penjelasan materi dan pemberian tugas siswa, faktor ketiga terdiri dari rendahnya literasi digital guru dan bahan ajar pembelajaran daring. Faktor keempat terdiri dari penilaian hasil belajar siswa, evaluasi proses belajar siswa dan koneksi internet, untuk faktor yang kelima terdiri dari pengawasan orang tua dan dan kondisi rumah yang kurang kondusif. Untuk faktor keenam yaitu rendahnya motivasi belajar siswa dan untuk faktor yang terakhir yaitu media pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosha, MediaUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorMurni, DewiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:27
Last Modified: 08 Jun 2023 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44112

Actions (login required)

View Item View Item