Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA N 1 Harau

Umaiyah Z, Latifah (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA N 1 Harau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_LATIFA_UMAIYAH_18029144_5014_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang diharapkan dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Harau diketahui bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung.. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Harau tahun pelajaran 2022/2023 dengan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes pemahaman konsep matematis diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P- value = 0,014 karena P-value < a maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan Hal bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:44
Last Modified: 08 Jun 2023 00:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44099

Actions (login required)

View Item View Item