Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar

Arzi, Ghina Haifa (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_GHINA_HAIFA_ARZI_18029064_913_2023_(7 Feb).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun berdasarkan hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis di SMPN 1 Batusangkar, diperoleh data bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan soal tersebut dengan baik. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian Static Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Batusangkar Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dengan kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis data akhir tes diperoleh P-value dengan taraf nyata ( ) . Karena P-value , dapat disimpulkan bahwa ditolak. Sehingga didapat kesimpulan bahwa peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSri Elniati, Sri ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:55
Last Modified: 07 Jun 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44080

Actions (login required)

View Item View Item