Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Head Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tilatang Kamang

Kristina, Feby (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Head Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_FEBY_KRISTINA_18029106_403_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan tujuan pertama dari pembelajaran matematika yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tilatang Kamang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil Penilaian Harian dimana peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematika yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematika. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe SNH. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe SNH lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling, dimana terpilih kelas XII IPS 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematika dengan soal berbentuk essay. Berdasarkan hasil uji hipotesis tes pemahaman konsep matematika dengan 5 diperoleh , maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe SNH lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SNH berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tilatang Kamang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorSri Elniati, Sri ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Kooperatif Tipe SNH, Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:19
Last Modified: 06 Jun 2023 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44078

Actions (login required)

View Item View Item