Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA N 2 Payakumbuh

Fitri, Eka (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA N 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_EKA_FITRI_18029104_479_2023_(27 Jan).pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Payakumbuh masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Payakumbuh yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dan yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, dan mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Square. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Payakumbuh tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah XI IPS 1 dan sebagai kelompok kontrol adalah XI IPS 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh P- value = 0,004 dimana P- value < α maka tolak H0. artinya pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas XI IPS SMA N 2 Payakumbuh serta aktivitas peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square cenderung meningkat untuk setiap pertemuan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:01
Last Modified: 06 Jun 2023 08:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44077

Actions (login required)

View Item View Item