Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang

Fentri, Egi Wahyuni (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_EGI_WAHYUNI_FENTRI_18029034_2624_2023_(28 Mar).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memiliki kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai peserta didik. Karena dengan komunikasi yang baik, mereka dapat meningkatkan kemampuan berpikir, berbicara, serta menulis tentang ide yang akan diungkapkan secara sistematis. Namun kenyataannya kemampuan ini masih tergolong rendah di kelas VIII SMP Negeri 2 Padang. Hal ini terlihat dari hasil penilaian harian, di mana mereka belum mampu menyelesaikan permasalahan secara tepat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui apakah kemampuan mereka yang belajar menggunakan model pembelajaran ini lebih baik daripada model pembelajaran Langsung serta mengetahui perkembangan kemampuan mereka yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian adalah gabungan dari penelitian quasy-experiment dan deskripstif dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Padang, dengan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol dan VIII.8 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data perkembangan kemampuan tersebut dideskripsikan berdasarkan hasil kuis, sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji−

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Langsung, Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:01
Last Modified: 06 Jun 2023 08:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44076

Actions (login required)

View Item View Item