Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Padang

Wahyuni, Annisa (2023) Analisis Kemampuan Metakognisi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ANNISA_ WAHYUNI_18029004_568_2023.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan peserta didik untuk memonitor konsep dan strategi yang digunakan sesuai dengan masalah yang diberikan dan kurangnya kemampuan peserta didik untuk mengecek kembali hasil yang telah dibuat, selain itu kemampuan metakognisi peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes, angket, dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrumen pendukung berupa tes kemampuan metakognitisi matriks, angket kemampuan metakognisi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga kategori kemampuan metakognisi peserta didik, yaitu kemampuan metakognisi sangat bagus, bagus, dan berkembang. Persentase tertinggi adalah peserta didik dengan kemampuan metakognisi sangat bagus, diikuti oleh kemampuan metakognisi bagus dan berkembang. Peserta didik yang memiliki kemampuan metakognisi sangat bagus memenuhi setiap aktivitas perencanaan, memonitor,dan evaluasi. Peserta didik yang memiliki kemampuan metakognisi bagus sudah memenuhi indikator dalam aktivitas perencanaan, sedangkan pada aktivitas memonitor dan evaluasi masih ada indikator yang belum terpenuhi. Peserta didik yang memiliki kemampuan metakognisi berkembang masih banyak indikator kemampuan metakognisi yang belum mampu dipenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Metakognisi, Soal Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:27
Last Modified: 06 Jun 2023 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44073

Actions (login required)

View Item View Item