Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP

Putri, Amelia Defrianti (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_AMELIA_DEFRIANTI_PUTRI_19029004_404_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar adalah kumpulan materi yang disusun secara sistematis, untuk menunjang proses pembelajaran. Dalam kurikulum merdeka peserta didik dituntut untuk memahami soal-soal literasi. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi peserta didik masih kesulitan memahami soal-soal literasi. Peserta didik belum terbiasa menyelesaikan soal-soal kontekstual serta bahan ajar yang ada belum sepenuhnya mampu untuk melatih kemampuan literasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan, atau Research and Development (R&D) dengan Model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu: preliminary research, prototyping or development phase, dan assessmen phase. Bahan ajar berbasis RME divalidasi oleh tiga ahli matematika yang terdiri dari 2 dosen matematika dan 1 pendidik matematika. Tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis realistic mathematics education ditentukan oleh 24 peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pengisian angket. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis RME telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Kevalidan bahan ajar dari segi aspek penyajian, kelayakan isi, kebahasaan, dan kegrafikan, dengan karakteristik; (1) bahan ajar disajikan menggunakan pendekatan RME yang memuat masalah kontekstual sehingga dapat merangsang rasa ingin tahu peserta didik; (2) materi pada bahan ajar mengacu pada kurikulum merdeka dan disajikan secara sistematis; (3) isi bahan ajar disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik; (4) bahan ajar menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami; serta (5) desain bahan ajar menarik dari segi tata letak, huruf, warna, dan gambar. Sedangkan kepraktisan dengan karakteristik (1) bahan ajar disajikan dengan tampilan dan kombinasi warna yang menarik serta ukuran huruf jelas dan mudah dibaca sehingga peserta didik menjadi tertarik dan bersemangat untuk belajar; (2) bahan ajar mudah digunakan karena dan dapat membiasakan peserta didik untuk berpikir menemukan konsep yang dipelajari sehingga dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri; (3) bahasa yang digunakan pada bahan ajar jelas dan mudah dipahami; (4) peserta didik terbantu dalam memahami materi pembelajaran sesuai waktu yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorArnelis, ArnelisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, realistic mathematics education, literasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:34
Last Modified: 06 Jun 2023 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44072

Actions (login required)

View Item View Item