Orientasi Budaya dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori terhadap Motif Berperilaku dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Fatinsa, Riski Zulfa (2023) Orientasi Budaya dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori terhadap Motif Berperilaku dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RISKI_ZULFA_FATINZA_19016045_630_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita terhadap motif berperilaku terhadap makhluk (being) atau kehidupan, motif berperilaku menjadi sesuatu, dan motif berperilaku mendapat prestasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga. Ketiga hal tersebut adalah: (1) konsep dasar novel, (2) orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori terhadap motif berperilaku, dan (3) konsep dasar pembelajaran teks novel dalam Kurikulum 2013 Edisi 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dilatarbelakangi oleh tujuan penelitian yaitu memperoleh deskripsi orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori terhadap motif berperilaku. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu membaca dan memahami novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman yang jelas tentang novel ini, mengklasifikasi data, dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan motif berperilaku dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal, yaitu sebagai berikut. Pertama, orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita terhadap motif berperilaku terhadap makluk (being) atau kehidupan. Kedua, orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita terhadap motif berperilaku meraih sesuatu. Ketiga, orientasi budaya dalam novel Laut Bercerita terhadap motif berperilaku mendapat prestasi. Motif berperilaku dalam novel Laut Bercerita dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra untuk kelas XII SMA, yakni dalam pembelajaran Kompetensi Dasar menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa motif berperilaku dalan novel Laut Bercerita muncul karena banyak sekali kehidupan seperti tindakan kejahatan terhadap tokoh dan narator serta adanya cara tokoh untuk mempertahankan dan meraih sesuatu yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 May 2023 04:14
Last Modified: 30 May 2023 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44037

Actions (login required)

View Item View Item