Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Seni Budaya Peserta Didik Kelas XI Selama Pembelajaran di SMAN 2 Solok Selatan

Rahmadani, Reza (2023) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Seni Budaya Peserta Didik Kelas XI Selama Pembelajaran di SMAN 2 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_REZA_RAHMADANI_18332043_405_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2019 sampai sekarang memberikan dampak yang sangat besar terhadap sektor kehidupan salah satunya pendidikan. Berbagai permasalah muncul akibat pandemi Covid-19 salah satunya adalah kualitas pendidikan, karena pemerintah menekan laju penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan kebijakan social distancing atau menjaga jarak sehingga metode pembelajaran yang digunakan pembelajaran masuk kelas secara bergantian setiap kelas yaitu 2x dalam seminggu. Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah motivasi. Hasil observasi di SMAN 2 Solok Selatan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran pada mata pelajaran Seni Budaya masih tergolong kurang baik. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan guru Seni Budaya dan penyebaran angket kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Seni Budaya peserta didik kelas XI selama pembelajaran di SMAN 2 Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA1 dan XI IPS 2 di SMAN 2 Solok Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian berjumlah 48 orang dengan teknik saturation sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik termasuk kategori cukup. Adanya korelasi positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Seni Budaya peserta didik kelas XI selama pembelajaran dengan nirai r= 0, 44 yang termasuk kategori cukup; koefisien nilai t hitung yaitu 3,323 lebih besar dari pada koefisien t tabel yaitu 1, 67866. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Seni Budaya peserta didik kelas XI selama pembelajaran daring di SMAN 2 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 May 2023 07:28
Last Modified: 26 May 2023 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44002

Actions (login required)

View Item View Item