Rahmadani, Reza
(2023)
Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar
Seni Budaya Peserta Didik Kelas XI Selama
Pembelajaran di SMAN 2 Solok Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada tahun 2019 sampai sekarang
memberikan dampak yang sangat besar terhadap sektor kehidupan salah satunya
pendidikan. Berbagai permasalah muncul akibat pandemi Covid-19 salah satunya
adalah kualitas pendidikan, karena pemerintah menekan laju penyebaran Covid-19
dengan mengeluarkan kebijakan social distancing atau menjaga jarak sehingga
metode pembelajaran yang digunakan pembelajaran masuk kelas secara
bergantian setiap kelas yaitu 2x dalam seminggu. Masalah yang dihadapi dalam
proses pembelajaran tatap muka terbatas adalah rendahnya hasil belajar peserta
didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah
motivasi. Hasil observasi di SMAN 2 Solok Selatan menunjukkan bahwa motivasi
belajar peserta didik selama pembelajaran pada mata pelajaran Seni Budaya
masih tergolong kurang baik. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan guru
Seni Budaya dan penyebaran angket kepada peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Seni
Budaya peserta didik kelas XI selama pembelajaran di SMAN 2 Solok Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah peserta didik kelas XI MIPA1 dan XI IPS 2 di SMAN 2 Solok Selatan
Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian berjumlah 48 orang dengan teknik
saturation sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta
didik termasuk kategori cukup. Adanya korelasi positif dan signifikan antara
motivasi belajar dengan hasil belajar Seni Budaya peserta didik kelas XI selama
pembelajaran dengan nirai r= 0, 44 yang termasuk
kategori cukup; koefisien nilai
t
hitung
yaitu 3,323 lebih besar dari pada koefisien t
tabel
yaitu 1, 67866. sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara
motivasi belajar terhadap hasil belajar Seni Budaya peserta didik kelas XI selama
pembelajaran daring di SMAN 2 Solok Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |