Pengembangan Modul Pengendali Sistem Robotik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Math (STEM)

Guna, Rio Bina (2022) Pengembangan Modul Pengendali Sistem Robotik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Math (STEM). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RIO_BINA_GUNA_16063097_7145_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber belajar mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik yang masih minim beserta model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan modul Pengendali Sistem Robotik dengan menggunakan model Pembelajaran STEM yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Metode yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development) dan penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TEI SMK N 1 Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi berupa angket untuk data validitas dan pratikalitas. sedangkan tes objektif digunakan untuk data efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji validitas modul Pengendali Sistem Robotik dengan menggunakan model pembelajaran STEM sudah diuji dan dinyatakan valid. (2) uji pratikalitas modul Pengendali Sistem Robotik dengan menggunakan model pembelajaran STEM sudah diuji dan dinyatakan praktis. (3) uji efektivitas modul Pengendali Sistem Robotik dengan menggunakan model pembelajaran STEM sudah diuji dan dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRisfendra, RisfendraUNSPECIFIED
CorrectorMukhaiyar, RikiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGENDALI SISTEM ROBOTIK
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 May 2023 12:32
Last Modified: 24 May 2023 12:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43930

Actions (login required)

View Item View Item