Guna, Rio Bina
(2022)
Pengembangan Modul Pengendali Sistem Robotik dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology,
Engineering and Math (STEM).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber belajar mata pelajaran
Pengendali Sistem Robotik yang masih minim beserta model pembelajaran yang
digunakan masih berpusat pada guru. Penelitian ini betujuan untuk
mengembangkan modul Pengendali Sistem Robotik dengan menggunakan model
Pembelajaran STEM yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and
Development). Metode yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari tahap
pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development) dan
penyebaran (Dessiminate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TEI
SMK N 1 Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
evaluasi berupa angket untuk data validitas dan pratikalitas. sedangkan tes
objektif digunakan untuk data efektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji validitas modul Pengendali
Sistem Robotik dengan menggunakan model pembelajaran STEM sudah diuji dan
dinyatakan valid. (2) uji pratikalitas modul Pengendali Sistem Robotik dengan
menggunakan model pembelajaran STEM sudah diuji dan dinyatakan praktis. (3)
uji efektivitas modul Pengendali Sistem Robotik dengan menggunakan model
pembelajaran STEM sudah diuji dan dinyatakan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |