Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungai Penuh

Putra, Iqbal Rahmat (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_IQBAL_RAHMAT_PUTRA_17045094_5099_2022.pdf

Download (986kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungai Penuh pada mata pelajaran geografi Jens penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Sungai penuh yang berjumlah 104 siswa dan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel yang nerjumlah 60 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen yaitu kelas XI IPS 1 dan kelompok kontrol yaitu kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungai Penuh dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa. Data diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa berupa soal pretest yang diberikan sebelum proses pembelajaran dan posttest yang diberikan diakhir proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz adalah pretest sebesar 73,33 dan posttest sebesar 88,8 sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 69,33 dan posttest sebesar 74,5. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel (6,067 > 1,672) pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kellas XII IPS SMA Negeri 2 Sungai Penuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorNafrion, NafrionUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 May 2023 01:39
Last Modified: 24 May 2023 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43911

Actions (login required)

View Item View Item