M. Joko, M. Joko
(2022)
Motivasi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif 2017
dalam Memasuki Dunia Kerja Sebagai Tenaga Pendidik.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini diangkat berdasarkan permasalahan yang sering ditemui
diSekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Teknik Otomotif, dimana sering
terjadi kekurangan/tidak tercukupinya tenaga pendidik untuk mengajar disekolah
baik dalam status negeri maupun swasta. Kekurangan guru untuk mengajar mata
pelajaran dibidang Otomotif selalu mengalami peningkatan setiap waktu,
penyebabnya yakni dari berakhirnya masa jabatan guru disekolah kejuruan
berstatus PNS, perekrutan guru P3K sangat terbatas, serta kemauan untuk menjadi
tenaga pendidik dengan status honorer sangat rendah.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif
dengan menerapkan studi kasus, tujuannya mendapatkan data dan informasi
tertentu secara alamiah. Penelitian ini diterapkan untuk menyelidiki dan
menganalisis sebuah kasus dari berbagai perspektif. Pelaksaan penelitian
dilakukan pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif 2017, jumlah sampel uji
coba penelitian diambil sebanyak 30 responden, sedangkan pengumpulan data
penelitian diambil sampel sebanyak 38 orang. Teknik pengumpulan data dengan
memanfaatkan Google Form, untuk mempermudah dan mempersingkat waktu
dalam pengumpulan data. Teknik anaisis data yang diterapkan dalam penelitian
ini yaitu teknik analisis deskriptif dengan melakukan Uji Analisis Regresi Linier
Berganda, Uji Korelasi Person, Uji Koefisien Determinasi, Uji F/Uji Simultan,
serta Uji t.
Hasil penelitian mengungkap bahwa rendahnya Motivasi yang berasal dari
dalam diri (Intrinsik) dibandingkan dengan Motivasi yang berasal dari luar diri
(Ekstrinsik) mahasiswa/i Pendidikan Teknik Otomotif 2017. Hasil analisis data
didapatkan bahwasannya terdapat hubungan antara Motivasi (Inrtinsik/X1 dan
Ekstrinsik/X2) terhadap Tenaga Pendidik (Y) dalam kategori sempurna. Nilai
person corelation Intrinsik (X1) terhadap Tenaga Pendidik (Y) yaitu : 0,809 (65%)
kategori kuat. Untuk nilai person corelation Ekstrinsik (X2) terhadap Tenaga
Pendidik (Y) yaitu : 0,887 (78%) kategori sempurna. Nilai total rata-rata person
corelation Intrinsik dan Ekstrinsik (X) terhadap Tenaga Pendidik (Y) yaitu : 0,866
(74%) kategori sempurna. Pengaruh yang diberikan variable Motivasi Inrtinsik
dan Motivasi Ekstrinsik secara simultan/bersama-sama dilihat berdasarkan nilai
sig. memiliki pengaruh, dimana nilai sig. hitung adalah 0,000 ˂ 0,05. Disimpulkan
hasil penelitian menunjukkan Motivasi Inrtinsik rendah jika dibandingkan dengan
Motivasi Ekstrinsik, dan masing-masing variabel Motivasi Intrinsik serta Motivasi
Ekstrinsik memiliki pengaruh baik secara parsial, maupun secara simultan
terhadap Tenaga Pendidik.
Actions (login required)
|
View Item |