Motivasi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif 2017 dalam Memasuki Dunia Kerja Sebagai Tenaga Pendidik

M. Joko, M. Joko (2022) Motivasi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif 2017 dalam Memasuki Dunia Kerja Sebagai Tenaga Pendidik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_M_JOKO_17073023_7339_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan permasalahan yang sering ditemui diSekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Teknik Otomotif, dimana sering terjadi kekurangan/tidak tercukupinya tenaga pendidik untuk mengajar disekolah baik dalam status negeri maupun swasta. Kekurangan guru untuk mengajar mata pelajaran dibidang Otomotif selalu mengalami peningkatan setiap waktu, penyebabnya yakni dari berakhirnya masa jabatan guru disekolah kejuruan berstatus PNS, perekrutan guru P3K sangat terbatas, serta kemauan untuk menjadi tenaga pendidik dengan status honorer sangat rendah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan menerapkan studi kasus, tujuannya mendapatkan data dan informasi tertentu secara alamiah. Penelitian ini diterapkan untuk menyelidiki dan menganalisis sebuah kasus dari berbagai perspektif. Pelaksaan penelitian dilakukan pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif 2017, jumlah sampel uji coba penelitian diambil sebanyak 30 responden, sedangkan pengumpulan data penelitian diambil sampel sebanyak 38 orang. Teknik pengumpulan data dengan memanfaatkan Google Form, untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pengumpulan data. Teknik anaisis data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif dengan melakukan Uji Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Korelasi Person, Uji Koefisien Determinasi, Uji F/Uji Simultan, serta Uji t. Hasil penelitian mengungkap bahwa rendahnya Motivasi yang berasal dari dalam diri (Intrinsik) dibandingkan dengan Motivasi yang berasal dari luar diri (Ekstrinsik) mahasiswa/i Pendidikan Teknik Otomotif 2017. Hasil analisis data didapatkan bahwasannya terdapat hubungan antara Motivasi (Inrtinsik/X1 dan Ekstrinsik/X2) terhadap Tenaga Pendidik (Y) dalam kategori sempurna. Nilai person corelation Intrinsik (X1) terhadap Tenaga Pendidik (Y) yaitu : 0,809 (65%) kategori kuat. Untuk nilai person corelation Ekstrinsik (X2) terhadap Tenaga Pendidik (Y) yaitu : 0,887 (78%) kategori sempurna. Nilai total rata-rata person corelation Intrinsik dan Ekstrinsik (X) terhadap Tenaga Pendidik (Y) yaitu : 0,866 (74%) kategori sempurna. Pengaruh yang diberikan variable Motivasi Inrtinsik dan Motivasi Ekstrinsik secara simultan/bersama-sama dilihat berdasarkan nilai sig. memiliki pengaruh, dimana nilai sig. hitung adalah 0,000 ˂ 0,05. Disimpulkan hasil penelitian menunjukkan Motivasi Inrtinsik rendah jika dibandingkan dengan Motivasi Ekstrinsik, dan masing-masing variabel Motivasi Intrinsik serta Motivasi Ekstrinsik memiliki pengaruh baik secara parsial, maupun secara simultan terhadap Tenaga Pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorR. Chandra, R. ChandraUNSPECIFIED
CorrectorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEMASUKI DUNIA KERJA
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 May 2023 08:28
Last Modified: 23 May 2023 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43903

Actions (login required)

View Item View Item