Perancangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning dan HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk Pembelajaran Teks Hikayat Siswa Kelas X SMAN 4 Padang

Ramadani, Novia Tri (2023) Perancangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning dan HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk Pembelajaran Teks Hikayat Siswa Kelas X SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Novia_Tri Ramadani_19016038_2039_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses perancangan E-LKPD berbasis Discovery Learning dan HOTS berbantuan gim edukasi yang valid, yang dapat dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Jenis penelitian ini adalah metode campuran atau mixed methods. Model atau desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu definition (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MIPA 3 SMAN 4 Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa E-LKPD berbasis Discovery Learning dan HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk pembelajaran teks hikayat siswa kelas X SMAN 4 Padang adalah valid. Hal tersebut dapat dilihat dari validitas media pembelajaran ini yang memperoleh nilai validitas sebesar 86,46% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan aspek kelayakan isi diperoleh nilai validitas sebesar 80,00% dengan kategori valid. Berdasarkan aspek kelayakan kebahasaan diperoleh nilai validitas sebesar 86,54% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek penyajian, diperoleh nilai validitas sebesar 86,54% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kegrafikaan, diperoleh nilai validitas sebesar 91,67% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Discovery Learning dan HOTS berbantuan gim edukasi untuk pembelajaran teks hikayat siswa kelas X SMAN 4 Padang dapat dikatakan sudah valid untuk melanjutkan ketahap selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 May 2023 02:11
Last Modified: 23 May 2023 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43878

Actions (login required)

View Item View Item