Ramadani, Novia Tri
(2023)
Perancangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning
dan HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk Pembelajaran Teks Hikayat Siswa
Kelas X SMAN 4 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses
perancangan E-LKPD berbasis Discovery Learning dan HOTS berbantuan gim
edukasi yang valid, yang dapat dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan
kegrafikaan. Jenis penelitian ini adalah metode campuran atau mixed methods.
Model atau desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D
yang
terdiri
dari
4
tahapan
yaitu
definition
(pendefinisian),
design
(perancangan),
development
(pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas X MIPA 3 SMAN 4 Padang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa E-LKPD berbasis Discovery Learning dan
HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk pembelajaran teks hikayat siswa kelas X
SMAN 4 Padang adalah valid. Hal tersebut dapat dilihat dari validitas media
pembelajaran ini yang memperoleh nilai validitas sebesar 86,46% dengan kategori
sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan aspek kelayakan isi diperoleh nilai validitas
sebesar 80,00% dengan kategori valid. Berdasarkan aspek kelayakan kebahasaan
diperoleh nilai validitas sebesar 86,54% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan
aspek penyajian, diperoleh nilai validitas sebesar 86,54% dengan kategori sangat
valid. Berdasarkan aspek kelayakan kegrafikaan, diperoleh nilai validitas sebesar
91,67% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validitas tersebut, dapat
disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Discovery Learning dan HOTS berbantuan
gim edukasi untuk pembelajaran teks hikayat siswa kelas X SMAN 4 Padang dapat
dikatakan sudah valid untuk melanjutkan ketahap selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |