Rasyid, Amelia (2022) Peran Supervisi Kepala Sekolah terhadap Tugas Pokok Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B_07_ AMELIA_RASYID_18329099_6448_2022.pdf Download (775kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan tugas pokok guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 10 Padang, peran supervisi kepala sekolah terhadap tugas pokok guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 10 Padang, dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap tugas pokok guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 10 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah empat orang informan melalui wawancara, terdiri dari satu kepala sekolah dan tiga orang guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 10 Padang. Teknik pengumpulan data penelitan ini berupa observasi, wawancara, da dokumentasi. Seluruh hasil wawancara kemudian dianalisissecara sistematis melalui empat langkah kegiatan analisis yaitu (pengumpulandata, reduksidata, penyajian dan penarikan kesimpulan). Secara keseluruhan hasil analisis menunjukkan; Pertama: Terkait tugas pokok guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 10 Padang ada enam yaitu: (a) Mendidik dan membimbing peserta didik (b) Mengajar (c) Melatih (d) Mengarahkan (e) Mengevaluasi (f) Menilai. Kedua, terkait peran supervisi kepala sekolah terhadap tugas pokok guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Padang ada empat yaitu: pertama, kepala sekolah berperan sebagai koordinator, Kedua, kepala sekolah berperan sebagai konsultan, ketiga kepala sekolah selaku supervisi berperan sebagai pemimpin kelompok, terakhir, yaitu kepala sekolah berperan sebagai evaluator. Ketiga,terkaitFaktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap tugas pokok guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Padang ditemukan sejauh ini tidak terdapat kendala dikarenakan sudah merupakan hal yang lumrah dalam pelaksanaan supervisi dilakukan di SMA Negeri 10 Padang ini, pelaksanaannya dua kali dalam setahun atau dalam satu semester terdapat satu kali pelaksanaan supervisi terhadap guru. Untuk faktor pendukungnya bisa berupa, program supervisi yang telah disusun, adanya komitmen terhadap tugas, dan tanggung jawab.Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data awal untuk penelitian berikutnyadalam mengkaji isu-isu yang berbeda terkait dengan permasalahan ini beserta isulainnyayang relevan dengan konteks ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | SUPERVISI, KEPALA SEKOLAH, TUGAS POKOK GURU | ||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 May 2023 04:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 May 2023 04:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43807 |
Actions (login required)
View Item |