Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA

Putri, Tari Gustiana (2022) Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_TARI_GUSTIANA_PUTRI_17035168_968_2022.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021 akan dihapuskan dan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Nasional (AKM). Adanya AKM menjadi perubahan baru untuk mengevaluasi pendidikan Indonesia. AKM menilai literasi membaca dan literasi numerasi. Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam AKM. Adanya literasi kimia membantu peserta didik dalam menerapkan pengetahuan yang dimiliki dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan instrumen tes literasi kimia untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian Model of Educational Reconstruction (MER). Butir soal literasi kimia yang dikembangkan dilakukan uji validitas konten bersama subject matter expert (SME). Analisis data diolah menggunakan pemodelan Rasch dengan menggunakan aplikasi facets. Hasil analisis validitas konten menunjukkan hasil persetujuan (exact agreements) sebesar 80,1% dengan perkiraan persetujuan (expected agreements) sebesar 80,7% dan kirteria butir soal berdasarkan nilai outfit MNSQ, outfit ZSTD, dan Pt Mean Corr yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satu dari sepuluh butir soal literasi kimia yang dikembangkan memiliki kategori tidak valid. 3 dari 14 aspek yang belum terpenuhi dari kriteria yang dinilai oleh validator dapat diperbaiki berdasarkan saran oleh SME. Validator dalam memberikan penilaian secara konsisten berdasarkan nilai reliabilitas validator yaitu 0,80 yang termasuk kategori bagus. Oleh karena itu perlu dilakukan validasi kembali sebelum dilakukan uji tes terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 May 2023 03:39
Last Modified: 17 May 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43805

Actions (login required)

View Item View Item