Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Korban Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Padang dengan menggunakan Analisis Jalur

Ulfa, Sri Wahyu (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Korban Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Padang dengan menggunakan Analisis Jalur. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_SRI_WAHYU_ULFA_18037072_1451_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi akan transportasi yang semakin berkembang dan terus meningkat dalam masyarakat, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik kendaraan umum maupun pribadi yaitu kendaraan bermotor. Hal tersebut tidak terlepas dari permasalahan dalam kendaraan bermotor, salah satunya jumlah korban akibat kecelakaan lalu lintas terjadi di Kota Padang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat yang memiliki penduduk terbanyak dari kota/kabupaten lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor jumlah korban akibat kecelakaan lalu lintas di Kota Padang pada pemodelan analisis jalur dan mengetahui pengaruh langsung serta tidak langsung yang bersignifikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Polresta Kota Padang dari tahun 2016-2020. Pada penelitian ini, variabel endogen adalah jumlah korban, variabel eksogen adalah pengemudi, kendaraan, dan jalan, variabel intervening adalah jumlah kecelakaan lalu lintas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah korban akibat kecelakaan lalu lintas di Kota Padang memiliki pengaruh signifikan secara langsung adalah jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 0.919, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah korban akibat kecelakaan lalu lintas di Kota Padang memiliki pengaruh signifikan melalui jumlah kecelakaan lalu lintas secara tidak langsung adalah pengemudi sebesar 0.547, kendaraan sebesar 0.310, dan jalan sebesar 0.204.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorSalma, AdmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 May 2023 07:07
Last Modified: 16 May 2023 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43795

Actions (login required)

View Item View Item