Pengaruh Penggunaan Video Interaktif terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-kanak di Kota Bukittinggi

Wahyuni, Wahyuni (2022) Pengaruh Penggunaan Video Interaktif terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-kanak di Kota Bukittinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_WAHYUNI_18330049_6463_2022.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pendidik menstimulasi aspek perkembangan kognitif terkhusus kemampuan matematika permulaan anak usia dini pada Taman Kanak-kanak di Kota Bukittinggi. Kemampuan matematika permulaan perlu dikenalkan kepada anak dengan dengan media yang menarik kepada anak agar anak mampu berpikir logis, kritis, kreatif dan mampu memecahkan masalah sesuai usianya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan video interaktif terhadap kemampuan matematika anak usia dini di Taman Kanak-kanak di Kota Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Methode dengan tipe penelitian Sequential Explanatory Design, dengan tahap pengujian pertama dengan metode kuantitatif lalu diperdalam dengan metode kualitatif. Teknik Pengumpulan data untuk data kuantitatif menggunakan Teknik Tes (Pretest-posttest group design) dan data kualitatif dengan observasi dan wawancara. Pengujian kuantitatif dilakukan dengan Paired Sampel T-Test sedangkan pengujian data kualitatif diuji dengan Triangulasi Data. Pada hasil pengujian hipotesis (Uji T) data kuantitatif didapatkan hasil uji perbandingan antara variabel bebas dengan variabel terikatnya <0,05 maka terbukti bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre test dengan post test yang artinya ada pengaruh penggunaan video pembelajaran interaktif terhadap kemampuan matematika permulaan anak usia dini pada Taman Kanak-kanak di Kota Bukittinggi. Hasil pengujian Kualitatif dari observasi dan wawancara yang dilakukan menunjukan bahwa penggunaan video interaktif sangat efektif untuk mempengaruhi kemampuan matematika permulaan anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video interaktif terhadap peningkatan kemampuan matematika permulaan anak usia dini pada Taman Kanak-kanak di Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
Correctormayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO INTERAKTIF, MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 May 2023 02:33
Last Modified: 16 May 2023 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43784

Actions (login required)

View Item View Item