Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dimasa Pandemi Covid 19 di Kota Payakumbuh

Syahrul, Syahrul (2022) Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dimasa Pandemi Covid 19 di Kota Payakumbuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SYAHRUL_18330047_6495_2022.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan survei awal yangdilakukan disekolah terkait permasalahan yang ditimbulkan akibat pembelajaran dari rumah dimana tingginya tingkat stres orangtua dalam mendampingi anak belajar dari rumah yang berakibatpada perkembangan sosial dan emosional anak . Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih mendalam tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dimasa pandemi Corona virus 19 di Kota Payakumbuh. Metode peneitian ini adalah Metode penelitian kombinasi (Mixed methods) .Desain penelitian menggunakan Sequential explanatori dimana pada tahap pertama dilakukan analisis data kuantitatif dan diikuti dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif guna memperkuat hasil data kuantitatif. Proses pengambilan data menggunakan angket dan wawancara. Pengambilan data menggunakan angket kuesioner yang di kirim menggunakan google form kepada masing masing responden yang tergabung dalam Whats App grup yang dibuat sekolah. Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwasanya nilai regresi linier sederhana pola asuh orang tuaterdapatperkembangan sosial emosional anak sebesar 120.037 dengan niai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Dibandingkan dengan taraf siknifikansinya 0,05 (5 %), nilai Sig.(2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5 %). Ini artinya Ho ditolakdan Ha diterima. Kesimpulanya terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Kota Payakumbuh. Penulis menyarankan kepada orang tua untuk selalu belajar mengenai perkembangan anak, karena saat pandemi di mana anak melakukan pembelajaran di Rumah sehingga saat sekarang anak melakukan interaksi penuh dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH ORANG TUA, SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 May 2023 01:42
Last Modified: 16 May 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43774

Actions (login required)

View Item View Item