Pengaruh Penambahan Zat Aditif Gum Arab terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Propilen Glikol dari Air Kelapa (Cocos nucifera)

Faudah, Serliy (2022) Pengaruh Penambahan Zat Aditif Gum Arab terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Propilen Glikol dari Air Kelapa (Cocos nucifera). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_SERLIY_FAUDAH_17036142_443_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Plastik biodegradable merupakan plastik yang mudah terdegradasi oleh mikroorganisme serta berbahan dasar polimer alam. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penambahan zat aditif gum arab pada plastik biodegradable selulosa bakteri-propilen glikol serta menentukan karakteristik sifat fisik, sifat mekanik menurut SNI, gugus fungsi, kristalinitas dan biodegradasi. Selulosa bakteri-propilen glikol yang dihasilkan direndam dengan memvariasikan konsentrasi penambahan gum arab sebanyak 1%, 3%, 5% dan 7% w/v. Hasil pengujian kandungan air dan derajat penggembungan plastik SBPG-GA meningkat seiring dengan penambahan gum arab. Hasil pengujian kuat tarik SBPG sebesar 259,21 Mpa, dan SBPG-GA 3% sebesar 29,89 Mpa. Nilai elongasi SBPG sebesar 31,69% dan SBPG-GA 3% sebesar 16,2%. Elastisitas SBPG-GA menurun seiring bertambahnya gum arab. Analisis gugus fungsi tidak menunjukkan adanya gugus baru pada SB, SBPG dan SBPG-GA 3%. Pada analisis kristalinitas penambahan gum arab meningkatkan derajat kristalinitas plastik biodegradable. Penambahan gum arab dapat meningkatkan kemampuan biodegradasi plastik SBPG.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AnandaUNSPECIFIED
CorrectorEtika, Sri BentiUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 May 2023 04:02
Last Modified: 15 May 2023 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43756

Actions (login required)

View Item View Item