Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Penggunaan Media Berbasis Canva di Kelas VIII.6 SMP Negeri 13 Padang

Annissa, Annissa (2023) Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Penggunaan Media Berbasis Canva di Kelas VIII.6 SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ANNISSA_18020110_674_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)Meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa melalui penggunaan media berbasis canva di kelas VIII.6 SMPN 13 Padang. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa melalui penggunaan media berbasis canva di kelasVIII.6 SMPN 13 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencana, tindakan, observasi, refleksi. Instrument penelitian yaitu tes hasil belajar siswa, angket kreativitas siswa,lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan analisis data dengan uji t SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan 1) penggunaan media berbasis canva dapat meningkatkan kreativitas pada proses pembelejaran seni rupa, Sedangkan rata-rata kreativitas belajar siswa pada pra siklus 3,51 pada siklus I meningkat menjadi 3,66 dan pada siklus II meningkat menjadi 4,48. 2) penggunaan media berbasis canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggambar model. Hal ini dapat di lihat pada hasil ketuntasan pra siklus 31,25% pada siklus I menjadi 78,12% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
CorrectorWikarya, YusronUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 May 2023 03:33
Last Modified: 11 May 2023 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43691

Actions (login required)

View Item View Item