Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Andriana. Fa, Afrina (2022) Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ AFRINA ANDRIANA_FA_20330016_3973_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa hal yang ditemukan tentang proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak, pemberian materi pembelajaran tentang pengenalan warna masih menggunakan perangkat keras, seperti buku panduan belajar, balok, media buah tiruan, miniatur balok, dan lain-lain. Sehingga banyak anak yang merasa bosan dan tidak menangkap pembelajaran yang disampaikan guru.Anak pun juga lebih cenderung bermain dengan teman dan tidak fokus dengan materi yang diberikan. Hal ini disebabkan karena kurangnya media yang menarik pada saat memberikan materi pembelajaran pada anak usia dini. Tujuan penelitian untuk menghasilkan game edukasi pengenalan warna untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini yang valid, praktis dan efektif.Penelitian pengembangan Research & Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk game edukasi dengan menguji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Adapun model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yaitu dengan analysis, design, development, implemention, dan evaluation.Subjek penelitian ini adalah anak kelas A1 TK Kerawang Bercucuk, dengan jumlah anak sebanyak 19 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa validitas game edukasi dinyatakan valid dan game edukasi sangat layak digunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi yaitu 0,88 dan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli media yaitu 0,90.Hasil praktikalitas game edukasi dinyatakan sangat praktis dengan hasil rata-rata persentase yaitu 96%.Hasil persentase efektivitas yaitu 87% dengan game edukasi dinyatakan efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa game edukasipengenalan warna untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GAME EDUKASI, KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2023 04:36
Last Modified: 08 May 2023 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43610

Actions (login required)

View Item View Item