Tinjauan Kasus Dan Aktivitas Fisik Anak-Anak Dengan Berat Badan Berlebih dan Obesitas Usia Sekolah Dasar di SD N 18 Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok

Elwatra A, Tata (2022) Tinjauan Kasus Dan Aktivitas Fisik Anak-Anak Dengan Berat Badan Berlebih dan Obesitas Usia Sekolah Dasar di SD N 18 Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_TATA_ELWATRA_ARIDELSYA_16089102_3034_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Obesitas merupakan salah satu permasalahan kesehatan pada saat ini. Berdasarkan pengamatan awal di SD N 18 Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, terlihat banyaknya anak-anak yang memeiliki bentuk tubuh endomorph sehingga diduga terjadi kasus gizi lebih. Masa pandemi mengakibatkan anak-anak sekolah harus belajar dari rumah, sehingga membatasi waktu anak-anak untuk beraktivitas fisik diluar rumah. Tingkat aktivitas fisik merupakan salah satu faktor yang ikut memengaruhi risiko terjadinya obesitas. Permasalahan pada penelitian ini adalah, peneliti ingin mengetahui kasus dan tingkat aktivitas fisik anak sekolah dengan berat badan berlebih dan obesitas di SD N 18 Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV hingga kelas VI, berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dan didapatkan sampel berjumlah 29 siswa. Variabel dari penelitian ini adalah tinjauan kasus dan tingkat aktivitas fisik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengukuran antropometri ( pengukuran tinggi dan berat badan ), serta pengukuran tingkat aktivitas fisik siswa dengan kuisioner PAQ-C. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan 29 sampel. 11 siswa dengan berat badan berlebih dan 18 siswa dengan obesitas. Dalam pengukuran aktivitas fisik melalui kuisioner PAQ-C didapatkan 2 siswi (6,90%) dengan kategori rendah, 15 siswa (51,71%) dan 7 siswi (24,14) dengan kategori sedang dan 5 siswa (17,24%) dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuchlis, Arif FadliUNSPECIFIED
CorrectorLiza, LizaUNSPECIFIED
CorrectorAndria, YogiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KASUS DAN AKTIVITAS FISIK ANAK-ANAK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 May 2023 07:16
Last Modified: 05 May 2023 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43597

Actions (login required)

View Item View Item