Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini di Kecamatan Lubuk Sikaping

Putri, Vebionita Megi (2022) Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini di Kecamatan Lubuk Sikaping. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_VEBIONITA_MEGI_PUTRI_20330013_5091_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh beberapa hal yang peneliti temukan tentang permasalahan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak, yaitu dari perkembangan kemampuan sains yang dimiliki oleh beberapa anak masih belum berkembang optimal, faktanya di lapangan masih terdapat beberapa anak yang belum mampu membedakan peristiwa siang dan malam, belum mengetahui nama benda yang diperlihatkan, serta anak belum dapat menyusun kegiatan berdasarkan waktu serta kurangnya media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan sains anak di taman kanak-kanak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media Pop-Up book berbasis problem based learning terhadap kemampuan sains anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development mengacu pada model pengembangan Borg and Gall, Gall dengan 9 langkah penelitian yaitu; 1) asses need to identify goal, 2) conduct instructional analysis, 3) analyze learners and context, 4) write performance objective, 5) develop assessment instruments, 6) develop instructional strategy, 7) develop and select instructional material, 8) design and conduct formative evaluation of instruction, dan 9) revise instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan validitas Aiken’s V. Hasil validasi media pop-up book dinyatakan valid dan sangat layak digunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi sebesar 86% dan ahli media sebesar 92,7%. Hasil efektivitas dengan hasil uji pre-test yaitu 29,5% hasil uji post-test yaitu 92,5% dengan menggunakan uji t-test dikatakan bahwa hasil uji post-test lebih baik dari pada uji pre-test sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book berbasis problem based learning terhadap kemampuan sains anak usia dini dinyatakan valid dan efektif. Kata kunci: Pop-Up, Problem Based Learning, Kemampuan Sains

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA POP-UP BOOK, PROBLEM BASED LEARNING, KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:36
Last Modified: 28 Apr 2023 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43478

Actions (login required)

View Item View Item