Tinjauan Efektivitas Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kabupaten Solok Selatan Sebelum dan Selama Covid-19

Azzahara, Dinda Hafiziah (2022) Tinjauan Efektivitas Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kabupaten Solok Selatan Sebelum dan Selama Covid-19. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_DINDA_HAFIZIAH_AZZAHARA_19233024_2977.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tinjauan Efektivitas Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kabupaten Solok Selatan Sebelum dan Selama Covid�19. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Solok Selatan yang beralamat di Jalan Padang Aro – Lubuk Gadang, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif yang digunakan untuk memberikan gambaran secara sistematis tentang informasi ilmiah yang berasal dari subjek atau objek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam hal ini data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Solok Selatan dan data sekunder yaitu berupa data target dan realisasi penerimaan retribusi pelayanan pasar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penerimaan retribusi pelayanan pasar di Kabupaten Solok Selatan sebelum dan selama covid-19 menunjukan perbedaan yang signifikan karena target yang ditetapkan dan realisasi penerimaan setiap tahunnya berbeda. Tingkat efektivitas yang dicapai pada tahun 2017 sebesar 67,85% dapat dikategorikan kurang efektif, sedangkan pada tahun 2018 mengalami penurunan tingkat efektivitas yang dicapai sebesar 38,65% dikategorikan tidak efektif dan pada tahun 2019 tingkat efektivitas yang dicapai sebesar 39,51% dikategorikan tidak efektif. Pada tahun 2020 tingkat efektivitas yang dicapai sebesar 98,45% dapat dikategorikan efektif karena target diturunkan sedangkan pada tahun 2021 sebesar 35,71% dapat dikategorikan tidak efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMulyani, ErlyUNSPECIFIED
CorrectorThamrin, ThamrinUNSPECIFIED
CorrectorTasman, AbelUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Retribusi Pelayanan Pasar
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perdagangan - D3
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2023 02:06
Last Modified: 28 Apr 2023 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43450

Actions (login required)

View Item View Item