Supervisi Teknik Workshop untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Kelas di SD Negeri 18 Batang Barus Kabupaten Solok

Jonrivisman, Jonrivisman (2022) Supervisi Teknik Workshop untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Kelas di SD Negeri 18 Batang Barus Kabupaten Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_JONRIVISMAN_15124030_5510_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh masih rendahnya kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas di SD Negeri 18 Batang Barus dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan supervisi teknik workshop, peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas di SD Negeri 18 Batang Barus. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus pada akhir semester I 2017/2018 dengan subjek penelitian semua guru kelas yang berjumlah 9 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi penerapan supervsi teknik workshop, penilaian kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan supervisi teknik workshop di SD Negeri 18 Batang Barus mengikuti prosedur berdasarkan pendapat Sahertian (2000:106) yang dibagai menjadi empat langkah utama yaitu: (1) perencanaan yang terdiri dari: a) merumuskan tujuan workshop (output yang akan dicapai), b) merumuskan pokok-pokok masalah, c) menentukan prosedur pemecahan masalah, d) menentukan alat dan bahan perlengkapan yang dipakai selama workshop, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang terdiri dari a) merumuskan kesulitan-kesulitan yang dihadapi, b) merumuskan rencana tindak lanjut sebagai follow up kegiatan. Terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru kelas di SD Negeri 18 Batang Barus setelah diterapkannya supervisi teknik workshop yang pada awalnya hanya 51, 61 pada siklus I naik menjadi 69,40 dan pada siklus II menjadi 86,05. Terjadi peningkatan kompetensi profesional guru kelas di SD Negeri 18 Batang Barus setelah diterapkannya supervisi teknik workshop nilai awal 43,75, pada siklus I naik menjadi 65,19 dan pada siklus II menjadi 86,11. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa supervisi teknik workshop dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk melaksanakan supervisi terhadap guru yang sebagian besar memiliki masalah yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorFarida F, Farida FUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAfdal, AfdalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2023 02:52
Last Modified: 27 Apr 2023 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43434

Actions (login required)

View Item View Item