Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Kebugaran Jasmani untuk Siswa Kelas VII SMP

Ariantesa, Boki (2022) Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Kebugaran Jasmani untuk Siswa Kelas VII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_BOKI_ARIANTESA_20199069_7610_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kerinci pada masa pandemi, terlihat keterbatasan sumber belajar yang berupa E-modul dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul materi kebugaran jasmani untuk siswa kelas VII sekolah menengah pertama. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Define, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kerinci, Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kerinci dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Kerinci. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik pengumpulan data berupa instrument yang telah divalidasi oleh pakar. Teknik analisis data menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan skala penilaian dan rentang persentase. Hasil penelitian menunjukan 1) produk E-Modul mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada materi kebuaran jasmani untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dengan nilai validasi sebesar 92,8 %, 2) produk E-Modul mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada materi kebugaran jasmani untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang dikembangkan efektif untuk siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII dengan hasil uji efektivitas sebesar 76,8 > 76.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuri, Asep SunjanaUNSPECIFIED
CorrectorBafirman HB, Bafirman HBUNSPECIFIED
CorrectorDamrah, DamrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, MATERI KEBUGARAN JASMANI
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:03
Last Modified: 18 Apr 2023 06:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43420

Actions (login required)

View Item View Item