Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang

Patricia, Yulia (2022) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_YULIA_PATRICIA_18129336_7041_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dilapangan, kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru,sedangkan peserta didik terlihat pasif, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, kemudian guru kurang mengembangkan indikator sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunkan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Kelas V SD Negeri 23 Marapalam Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas Vc yang memiliki tahapan a) perencanan; b) pelaksanaan; c) pengamatan; d) refleksi dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas Vc yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar diukur dengan lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan pelaksaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, serta hasil tes berupa soal-soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 79,15% (cukup) dan siklus II 94,4% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 78,9% (cukup) dan siklus II 97,3% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,55% (cukup), dan siklus II 95% (sangat baik), c) Penilaian terhadap pesrta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 80,3 dengan presentase 67,8% dan siklus II dengan rata-rata 91 dengan presentase 89,2% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK, HASIL BELAJAR, TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:34
Last Modified: 18 Apr 2023 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43411

Actions (login required)

View Item View Item