Hubungan antara Pemahaman Suami Istri tentang Materi Kursus Pranikah dengan Perilaku Berkeluarga di Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar

Dini, Wahyuni Sekar (2022) Hubungan antara Pemahaman Suami Istri tentang Materi Kursus Pranikah dengan Perilaku Berkeluarga di Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_WAHYUNI_SUKAR_DINI_18005086_6620_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang baiknya perilaku pasangan suami-istri dalam keluarga, yang mengakibatkan terjadinya kenaikan angka perceraian di Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar dari tahun 2020 - 2021 yaitu sebanyak 291 kasus. Naiknya angka perceraian tersebut diakibatkan oleh para pasangan suami- istri tersebut sudah mengikuti program kursus pranikah. Hal ini diduga karena rendahnya pemahaman pasangan suami-istri terhadap materi kursus pranikah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pemahaman pasangan suami istri terhadap materi kursus pranikah, melihat perilaku pasangan pasangan suami-istri dalam berkeluarga, serta melihat keterkaitan antara keduanya. Jenis penelitian ini adalahkorelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 250 pasangan suami-istri yang telah memperoleh Kursus Pranikah di KUA Kecamatan Batipuah. Sampel diambil sebanyak 20% jumlah sampel adalah sebanyak 50 pasangan suami-istri. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling tipe convenient. Teknik pengumpulan menggunakan angket, sedangkan alat pengumpul data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan persentase dan product moment. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa : (1) Pemahaman pasangan suami-istri tentang materi kursus pranikah di kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar tergolong cukup,(2) Perilaku pasangan suami-istri dalam kehidupan berkeluarga di Kecamatan Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar tergolong kurang baik,(3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman pasangan suami- istri terhadap materi kursus pranikah dengan perilakunya dalam keluarga. Saran dari penelitian ini ditujukan kepada peserta kursus pranikah agar dapat meningkatkan penerapan materi kursus pranikah dalam berkeluarga, kepada pengelola kursus pranikah agar menambahkan serta mengembangkan materi- materi yang memang dibutuhkan pasangan suami-istri dalam membangun keluarga agar harmonis, dan kepada peneliti selanjutnya agar dapat memperdalam penelitian ini dengan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorSyur'aini, Syur,aniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KURSUS PRANIKAH, PERILAKU BERKELUARGA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Apr 2023 01:32
Last Modified: 18 Apr 2023 01:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43400

Actions (login required)

View Item View Item