Pengembangan Multimedia pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA

Sonia, Sonia (2022) Pengembangan Multimedia pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_SONIA_18004039_6305_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia ini dilakukan sebagai upaya untuk memecahkan permasalahan pembelajaran pada peserta didik yaitu kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran Biologi karena materi pelajaran Biologi yang bersifat kompleks atau sulit untuk diamati sehingga membutuhkan media yang bisa mensimulasikan serta membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran Biologi. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi maka diberikan solusi dengan membuat multimedia karena di dalam multimedia mencakup banyak komponen teks, gambar, audio serta video. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA dan mengetahui produk yang telah dikembangkan layak atau tidak digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dna peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan yang disebut dengan istilah Research and Development(R&D) menggunakan model ADDIE. dengan 5 tahap pengembangan yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (penerapan), dan tahap Evaluation (evaluasi). Uji validitas dilakukan kepada 3 orang yaitu 2 validator media dan 1 validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada 32 responden yaitu peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sutera. Berdasarkan hasil penilaian oleh kedua validator media memperoleh skor rata-rata sebesar 4,85 yang dikategorikan “sangat valid”. Hasil validasi penilaian dari validator materi memperoleh rata-rata sebesar 4,7 yang dikategorikan “sangat valid”. Hasi uji praktikalitas produk oleh peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 4,79 yang dikategorikan “sangat praktis”. jadi berdasarkan hasil penilaian validitas dan praktikalitas produk maka dapat disumpulkan bahwa produk sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorYeni J., FetriUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA, MATA PELAJARAN BIOLOGI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:11
Last Modified: 14 Apr 2023 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43367

Actions (login required)

View Item View Item