Pengembangan Bahan Ajar E-modul Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi

Mariska, Sonia (2022) Pengembangan Bahan Ajar E-modul Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus 8 Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_SONIA_MARISKA_18129037_7206_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar berbasis IT yang dapat memotivasi dan menarik minat belajar peserta didik. Bahan ajar yang cenderung digunakan guru adalah bahan ajar berbentuk cetak. Sehingga, peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Canva pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis. asdfghjPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan denan menggunakan lembar angket validasi, angket respon praktikalitas guru dan angket respon praktikalitas peserta didik. Bahan ajar yang dirancang divalidasi oleh tiga ahli yakni alhli materi, ahli bahasa dan ahli media serta dilakukan uji praktikalitas.. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar e-modul yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas rata-rata 93,68%, 87,5% untuk materi, 97,72% untuk kebahasaan dan 95,83% untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dinyatakan sangat praktis dari hasil respon guru dan peserta didik SDN 11 Campago Guguak Bulek 92,8% dan 91%. Sedangkan hasil angket respon guru dan peserta didik di SDN 17 Manggis Ganting dengan presentase kepraktisan 96,4% dan 95,26% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul berbasis Canva pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR E-MODUL, CANVA, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:22
Last Modified: 14 Apr 2023 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43361

Actions (login required)

View Item View Item