Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa terhadap Belajar Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMAN 1 Kecamatan Suliki

Rizkita, Nur Ifani (2022) Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa terhadap Belajar Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMAN 1 Kecamatan Suliki. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_NUR_IFANI_RIZKITA_17033064_14_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari- hari manusia. Pemahaman terhadap suatu konsep fisika sangat dibutuhkan dalam proses pemecahan masalah fisika. Pemahaman konsep yang rendah akan menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi. Selain itu, sikap siswa terhadap belajar fisika juga merupakan hal yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam memahami konsep fisika. Sikap positif siswa telah terbukti menghasilkan prestasi yang baik serta mampu membawa pengaruh yang baik bagi siswa untuk mempelajari dan memahami konsep yang diajarkan dan begitu juga sebaliknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini sebentuk penelitian survey untuk mengetahui kondisi yang ada di lapangan secara riil. Data dalam penelitian ini berupa data primer yang peneliti peroleh dari hasil tes diagnostik pemahaman konsep siswa pada materi hukum Newton tentang gerak siswa dan angket sikap siswa terhadap belajar fisika. Subjek penelitian (sampel) adalah 2 kelas X IPA SMAN 1 Kecamatan Suliki. Instrumen kemampuan pemahaman konsep berjenis empat tingkat (four-tier) terdiri atas 14 soal pilihan ganda. Instrument angket sikap ini diadopsi dari tes CLASS (Colorado Learning Attitude of Science Survey) dan kemudian dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konsep fisika siswa pada materi hukum Newton tentang gerak kelas X di SMAN 1 Kecamatan Suliki tahun ajaran 2020/2021 masih berada pada kategori rendah dan tingkat miskonsepsi siswa menunjukkan persentase yang cukup tinggi. Sikap siswa terhadap belajar fisika di SMAN 1 Kecamatan Suliki pada indikator implikasi sosial dalam fisika, ketertarikan memperbanyak waktu belajar, adopsi sikap ilmiah, dan kesenangan dalam belajar fisika menunjukkan bahwa sikap siswa pada keempat indikator mendominasi kategori baik dan cukup. Pemahaman konsep dan sikap siswa memiliki hubungan korelasi sedang. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep juga dipengaruhi oleh sikap siswa. Namun sikap siswa bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman konsep fisika pada siswa. Ada banyak hal yang mempengaruhinya seperti metode dan model pembelajaran yang diterapkan di kelas, serta kondisi kelas dan pandemic COVID-19 sedang merebak membuat siswa harus belajar secara daring (online).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:23
Last Modified: 13 Apr 2023 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43315

Actions (login required)

View Item View Item